Tujuan 14: Ekosistem Lautan

Tujuan 14: Ekosistem Lautan

 

Ikhtisar oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 

Samudra dunia – suhu, kimia, arus, dan kehidupan mereka – menggerakkan sistem global yang membuat Bumi dapat dihuni oleh umat manusia. Bagaimana kita mengelola sumber daya penting ini sangat penting bagi umat manusia secara keseluruhan, dan untuk menyeimbangkan efek perubahan iklim.

Lebih dari tiga miliar orang bergantung pada keanekaragaman hayati laut dan pantai untuk mencari nafkah. Namun, saat ini kita melihat 30 persen dari stok ikan dunia dieksploitasi secara berlebihan, mencapai di bawah level di mana mereka dapat menghasilkan hasil yang berkelanjutan. 

Samudra juga menyerap sekitar 30 persen dari karbon dioksida yang dihasilkan oleh manusia, dan kita melihat peningkatan 26 persen dalam asamisasi laut sejak awal revolusi industri. Pencemaran laut, yang sebagian besar berasal dari sumber-sumber darat, mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dengan rata-rata 13.000 potongan sampah plastik yang ditemukan di setiap kilometer persegi samudra. 

SDG bertujuan untuk mengelola dan melindungi ekosistem laut dan pantai secara berkelanjutan dari polusi, serta mengatasi dampak asamisasi laut. Meningkatkan konservasi dan penggunaan berkelanjutan sumber daya berbasis laut melalui hukum internasional juga akan membantu mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh samudra kita. 

Pelajari lebih lanjut tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini di sini.

 

Bagaimana Tindakan Mowilex Berfokus pada Tujuan ini 

 Kami secara langsung dan tidak langsung mendukung tujuan ini melalui proyek yang kami dukung, seperti:

  1. Whale Shark Conservation (Konservasi Indonesia)