Tujuan 15: Ekosistem Daratan

Tujuan 15: Ekosistem Daratan

Ikhtisar oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Hidup manusia sangat bergantung pada bumi seperti halnya lautan untuk kebutuhan hidup dan mata pencaharian kita. Tumbuhan menyediakan 80 persen dari makanan manusia, dan kita mengandalkan pertanian sebagai sumber ekonomi penting. Hutan menutupi 30 persen dari permukaan bumi, menyediakan habitat vital bagi jutaan spesies, serta menjadi sumber penting untuk udara dan air bersih, serta sangat penting dalam memerangi perubahan iklim.

Setiap tahun, 13 juta hektar hutan hilang, sementara degradasi lahan kering yang terus menerus telah menyebabkan penggurunan 3,6 miliar hektar, yang secara tidak proporsional mempengaruhi komunitas miskin.

Meskipun 15 persen dari daratan dilindungi, keanekaragaman hayati masih terancam. Hampir 7.000 spesies hewan dan tumbuhan telah diperdagangkan secara ilegal. Perdagangan satwa liar tidak hanya mengikis keanekaragaman hayati, tetapi juga menciptakan ketidakamanan, memicu konflik, dan memberi makan korupsi.

Tindakan mendesak harus diambil untuk mengurangi kehilangan habitat alami dan keanekaragaman hayati yang merupakan bagian dari warisan bersama kita dan mendukung ketahanan pangan dan air global, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, serta perdamaian dan keamanan.

Pelajari lebih lanjut tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini di sini.

 

 

Bagaimana tindakan Mowilex berfokus pada tujuan ini

Kami mendukung tujuan ini secara langsung dan tidak langsung melalui proyek-proyek yang kami dukung, seperti:

  1. Menanam 50.000 Pohon (KLHK)