MENJADI NETRAL KARBON

Mowilex telah melakukan pengembangan pada metode penghitungan GRK selama bertahun-tahun, dengan mempertimbangkan ukuran dan ekspansi perusahaan, serta mengembangkan pemahaman Mowilex terhadap inventarisasi Protokol GRK dan dampak produksi emisi karbon dari operasi sehari-hari.   

Saat memulai, Mowilex hanya menghitung Scope 1 & 2. Namun, pada tahun pelaporan kedua, Mowilex telah memasukkan Scope 3 dengan inventarisasi yang mengikuti operasi bisnis saat ini.   

Sebagai contoh, tahun 2021 menandai perluasan Inventarisasi GRK Lingkup 3 Mowilex dengan menyertakan Employee Homeworking and Remote Work. Penyesuaian ini dilakukan mengikuti status pandemi COVID-19 di Indonesia dan memperhitungkan emisi untuk karyawan yang bekerja dari rumah dengan menggunakan faktor emisi dari DEFRA dan IGES.  

Lihat lebih lanjut tentang perjalanan kami sebagai produsen Netral Karbon di sini

MENGUKUR JEJAK KARBON KAMI

Scope 1

Emisi langsung dari sumber daya yang dimiliki dan dikendalikan oleh kami. Lingkup ini mencakup emisi dari sumber-sumber tetap seperti generator dan penggunaan pendingin, sumber bergerak seperti armada kendaraan perusahaan yang dimiliki, dan emisi proses.

Scope 2

Emisi tidak langsung dari pembelian energi. Dalam hal ini, emisi Lingkup 2 kami berasal dari konsumsi listrik yang dibeli dari PLN. Operasi kami di seluruh Indonesia kini sepenuhnya didukung oleh energi terbarukan melalui REC. 

Scope 3

Emisi tidak langsung yang terjadi dalam rantai nilai, termasuk emisi hulu dan hilir. Lingkup 3 mencakup semua emisi tidak langsung yang tidak dicakup oleh Lingkup 2, termasuk pembuangan limbah, transportasi dan distribusi, dan perjalanan bisnis.

MENANAM 50.000 POHON

Untuk merayakan ulang tahun kami yang ke-50, kami berkomitmen untuk menanam 50.000 pohon di seluruh Indonesia hingga tahun 2023. Melalui inisiatif ini, kami bertujuan untuk melawan deforestasi, memulihkan keanekaragaman hayati, dan mengurangi dampak perubahan iklim dengan menyediakan potensi penyerap karbon. Tindakan kami, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK), secara langsung sejalan dengan aspirasi Indonesia untuk mencapai Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink pada tahun 2030 dan mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2060. Hingga akhir tahun 2023, kami telah berhasil menanam 25.000 pohon mangrove di berbagai lokasi di Indonesia.

TUJUAN PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN (SDGs)
YANG KAMI DUKUNG

MENGURANGI LIMBAH CAT

Produksi cat membutuhkan bahan baku, air, dan penggunaan energi yang intensif. Dengan mengurangi limbah cat, kita secara tidak langsung menghemat sumber daya yang berharga, mengurangi kebutuhan bahan baku baru, serta berkontribusi pada penggunaan sumber daya yang lebih bertanggung jawab

Ayo gunakan kalkulator di bawah ini untuk menghitung kebutuhan pengecatan Anda dengan lebih baik dan mengurangi sumber daya yang terbuang

Length :
Width :
Height :
Window :
Door :

Surface Area (m2)

Total Paints (liters)

JEJAK KARBON

Yuk, coba kalkulator jejak karbon ini untuk menghitung aktivitas Anda dalam jumlah emisi!

Pilih Aktivitas Anda : Jumlah Konsumsi Energi (kWh) :

Emisi Karbon kg CO2e

Setara dengan:
1. Emisi dari mengendarakan mobil bensin (km)

2. Jumlah pohon yang dibutuhkan untuk mengimbangi emisi

Berikut adalah cara kami menghitung angka emisi karbon tersebut dan bagaimana artinya: 

  • Perhitungan ini dilakukan berdasarkan data yang disediakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, di mana 1 MWh listrik yang dihasilkan setara dengan 0,8 ton gas CO2e yang terlepas ke udara.
  • Berdasarkan lokasi tempat tinggal Anda, faktor emisi dapat bervariasi karena sumber energi yang digunakan dalam jaringan listrik yang berbeda; semakin banyak pembangkit listrik dan kurangnya sumber energi terbarukan menyebabkan faktor emisi yang lebih besar untuk jaringan listrik tersebut.
  • Kalkulator ini mencerminkan apa yang kami lakukan setiap tahun untuk menghitung emisi dari energi yang dibeli (Scope 2). Dengan memberikan gambaran tentang bagaimana emisi gas rumah kaca dihitung, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan kita semua.